Subdomain? Apa itu subdomain? Bagaimana cara membuatnya?

Subdomain? Apa itu subdomain? Bagaimana cara membuatnya?

Bisa di artikan bahwa subdomain merupakan bagian dari domain, biasanya subdomain di gunakan sebagai pembagian area dari sebuah situs atau website.
Contohnya untuk area utama sebuah website adalah “mgd.co.id”, dan untuk area pelanggan atau anggota website tersebut menggunakan subdomain “pusatwebsitemurah.mgd.co.id”.

Dari contoh di atas juga menyimpulkan bahwa “subdomain adalah bagian dari induk domain, dan berada di depan domain di pisahkan oleh titik”. Jadi, kata “pusatwebsitemurah” pada “pusatwebsitemurah.mgd.co.id ” adalah subdomain, sedangkan “mgd.go.id” adalah induk atau domainnya.
Biasanya, subdomain di gunakan dalam sebuah website untuk memisahkan blog, forum, atau bagian lain dari domain utama.

Apa si Perbedaan antara Domain dan Subdomain

Perbedaan antara domain dan sub domain adalah, kalian tidak perlu memiliki sub domain untuk membuat domain. Sebaliknya , kalian harus memiliki dulu domain untuk memiliki sub domain. Selain itu perbedaan domain dan sub domain terletak pada penggunaan dan fungsinya, di mana domain merupakan alamat utama yang mewakili IP address website, sedangkan subdomain adalah alamat tambahan yang di ambil dari domain utama yang sudah ada. Jadi sub domain merupakan bagian dari domain, biasanya sub domain di gunakan sebagai pembagian area dari sebuah situs atau website. Contohnya untuk area utama sebuah website adalah ” mgd.go.id “, dan untuk area pelanggan atau anggota website tersebut menggunakan sub domain “blog. mgd.co.id “. ada beberapa jenis dari sub domain.

Jenis-jenis Subdomain

  1. Blog (blog.)
    Sub domian blog ini sering di gunakan untuk halaman blog yang berisi trivia, tips dan trik, atau informasi soft-selling terkait produk kalian. Jadi kalau kalian ingin membuat sebuah blog yang berisi trivia, tips dan trik, informasi produk dan lain sebagainya kalian bisa menggunakan subdomain ini
  2. store (store.)
    Sub domain store ini sering di gunakan sebagai toko jika website utamamu tidak di gunakan untuk berdagang. Jadi jika kalian ingin membuat sebuah website namun website utama kalian itu tidak ingin terfokus dalam penjualan saja, kalian bisa mengambil subdomain ini
  3. News (news.)
    Sub domain yang satu ini di gunakan oleh website amal untuk memberikan informasi terbaru terkait berbagai macam berita seperti kampanye sosial yang sedang berjalan, kecelakaan, berita viral dan lain sebagainya. Kalian juga bisa menggunakannya sesuai keperluan kalian.
  4. Events (events.)
    Sub domain events ini berfungsi sebagai halaman untuk menyajikan informasi terkait acara yang pernah, sedang, atau akan di laksanakan oleh brand atau komunitasmu. Subdomain events ini cocok untuk kalian yang suka mengadakan acara atau events.
  5. Info (info.)
    Sub domain info ini selain menyajikan informasi mengenai brand atau produk, kamu juga boleh menempatkan kontak berupa email, alamat, dan nomor telepon di Subdomain ini
  6. FAQ (faq.)
    Sub domain info ini bertujuan agar pengunjung atau calon pelanggan tidak menanyakan hal yang kerap di tanyakan oleh pengunjung lain, kamu bisa menempatkan subdomain “FAQ” di bagian bawah website utama.
  7. Contact
    Sub domain ini bertujuan untuk memberi informasi tentang kalian atau brand-kalian, kalian juga bisa membuat berbagai akun di media sosial dan tambahkan ke sini.
  8. Promo
    Sub domain promo ini bisa di gunakan jika kalian memutuskan untuk membuat promo di website. Selain terlihat lebih eksklusif, pengunjung kalian juga tidak kesulitan mencari informasi terkait promo yang sedang berlangsung. Dan lain sebagainya

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat subdomain:

  1. Langah pertama Masuk ke akun domain hosting kalian. Untuk membuat subdomain, kalian memerlukan akses ke Cpanel kontrol domain hosting kalian.
  2. Cari bagian domain. Bagian ini biasanya dapat di temukan di panel kontrol domain hosting, dan mungkin berbeda-beda tergantung dari penyedia layanan hosting yang Anda gunakan.chepanel 2 subdomain
  3. klik create a new domain (Buat domain baru) dengan memberikan nama yang Anda inginkan. Misalnya, jika nama domain kalian adalah mgd.co.id, maka kalian dapat membuat subdomain baru dengan nama shope.mgd.co.id (shop adalah nama dari sub domain yang baru)chepanel 3 subdomain
  4. setelah pembuatan sub domain selesai maka akan tercipta sebuah folder baru di “public_html” dengan nama folder yang sama dengan nama sub domain yang kalian buat contoh shop.mgd.co.id maka akan tercipta folder Bernama shop di directory “public_html/shop”.

    Setelah proses selesai, sub domain yang kalian buat akan siap di gunakan, dan dapat di gunakan untuk membuat situs web atau aplikasi baru yang terpisah dari situs web utama kalian.

Tonton Video Lengkapnya di sini

Itu dia tutorial tentang cara membuat sub domain untuk website kalian. Semoga tutorial ini bermanfaat dan dapat membantu kalian dalam mengelola website kalian. Jangan lupa untuk memperhatikan beberapa hal penting seperti pemilihan nama subdomain, yang mudah di ingat dan juga memperhatikan keamanan website kalian.

Jika kalian masih merasa kesulitan dalam membuat subdomain atau membutuhkan bantuan dalam membuat domain, subdomain, website dan hosting, kalian bisa memanfaatkan jasa pembuatan website, hosting, dan subdomain yang tersedia di berbagai platform online. Salah satunya jasa pembuatan website kami monomer group digital kami menyediakan semua kebutuhan kalian dalam dunia digital marketing dari hosting, domain, subdomain, website, aplikasi dan iklan. Yuk tunggu apalagi hubungi kami sekarang di website kami klik di sini ya, Atau bisa chat dengan admin kami langsung hubungi klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Scan the code
Hallo... 👋
Jangan segan untuk chat kami...