Tujuan Membuat Website untuk Usaha / Bisnis

Digital Marketing

Digital marketing adalah strategi atau upaya untuk memasarkan atau mempromosikan produk melalui segala jenis media digital, baik melalui internet atau jaringan lainnya yang saling terhubung. Dalam bahasa Indonesia, pengertian digital marketing adalah pemasaran digital. Dengan strategi ini, Anda bisa mempromosikan dan menjual produk melalui berbagai jenis media digital.

Dengan banyaknya media digital di sekitar kita saat ini, sudah jelas bahwa digital marketing adalah cara pemasaran yang sangat efektif. Media pemasaran digital mencakup saluran komunikasi yang sering kita jumpai, baik melalui jaringan Internet maupun jaringan lainnya seperti telepon dan televisi.
Jadi, definisi digital marketing bisa disimpulkan sebagai kegiatan pemasaran yang melibatkan penggunaan jaringan dan teknologi digital untuk mencapai tujuan pemasaran tertentu.

Banyak perusahaan kini mulai berlomba-lomba memaksimalkan kampanye-kampanye bisnis mereka di dunia digital. Tapi, apa sih, alasannya? Kenapa strategi digital marketing seperti ini sekarang sangat populer?
Pada artikel ini, selain membahas apa itu digital marketing, kami juga akan membahas kelebihannya dibandingkan dengan cara pemasaran lainnya, serta strategi pemasaran digital yang wajib Anda coba untuk meningkatkan penjualan. Berikut ini, kami akan membahas lebih lanjut tentang manfaat digital marketing yang membuatnya menjadi strategi pemasaran jitu saat ini.

Manfaat Digital Marketing

Faktor utama yang mendukung keberhasilan strategi digital marketing adalah banyaknya pengguna Internet di seluruh dunia seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Hampir semua orang sekarang ini juga lebih memilih untuk melakukan transaksi secara online, apalagi sejak pandemi COVID-19.
Dari sisi teknologi dan efisiensi, ada juga beberapa alasan yang membuatnya menjadi cara pemasaran yang wajib Anda coba jika sedang merintis atau sudah memiliki bisnis. *klik disini untuk melihat website yang telah kami  kerjakan

Manfaat digital untuk bisnis

1. Penargetan Pasar Lebih Sesuai

Menggunakan berbagai tool digital marketing yang telah didesain sedemikian rupa, Anda bisa memperoleh data yang akurat tentang kebiasaan dan preferensi pengguna terkait segmen pasar tertentu, atau terkait produk dan jasa yang Anda tawarkan.
Dari sini, Anda pun bisa menyusun strategi yang paling sesuai untuk pasar yang Anda target sehingga penerapannya bisa lebih efektif.

2. Evaluasi Strategi Berdasarkan Data

Setelah strategi ini Anda diterapkan, Anda bisa melihat evaluasi dan analisis pemasaran Anda. Data-data seperti tingkat keberhasilan kampanye, jumlah pengguna yang membuka iklan, dan lain sebagainya bisa Anda manfaatkan untuk memperbaiki strategi pemasaran sebelumnya.
Berdasarkan data yang akurat ini, nantinya Anda pun bisa meningkatkan efektivitas campaign agar angka penjualan semakin melesat.

3. Bisa Menjangkau Hampir Semua Pasar

Seperti yang Anda tahu, dunia online tidak terbatas ruang dan waktu. Hampir 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan sepanjang tahun, jaringan-jaringan digital ini selalu terhubung ke berbagai wilayah di dunia.
Nah, digital marketing adalah metode yang tepat karena Anda bisa menjangkau dan saling terhubung dengan pelanggan dari berbagai belahan dunia, kapan pun dan di mana pun.
Hasilnya, jasa atau produk yang Anda tawarkan menjadi selalu tersedia dan bisa dibeli oleh pelanggan kapan saja.

4. Biaya Lebih Murah

Budget yang perlu Anda keluarkan untuk pemasaran digital jauh lebih murah dibandingkan strategi pemasaran tradisional. Anda tidak perlu mencetak poster, atau membuang-buang dana untuk iklan yang tidak efektif atau bertarget.
Ada beberapa cara organik yang bisa Anda lakukan tanpa harus mengeluarkan biaya iklan yang cukup besar. Misalnya, kalau sudah punya website atau blog menggunakan WordPress, Anda bisa mencoba cara menaikkan ranking web di Google.

5. Meningkatkan Reputasi Brand

Sudah pasti, dengan semakin banyaknya pengguna Internet dan platform online, Anda bisa meningkatkan reputasi brand melalui pemasaran digital. Sebagian besar pembeli umumnya akan mencari produk atau layanan terlebih dahulu di Internet sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi.
Dengan menerapkan digital marketing, bisnis Anda akan mudah ditemukan oleh calon pelanggan, dan mereka akan merasa yakin bahwa merek Anda bisa dipercaya, yang akhirnya akan meningkatkan penghasilan online Anda.

Strategi Digital Marketing

Ada beberapa strategi digital marketing yang bisa Anda lakukan untuk memasarkan produk melalui media digital, diantaranya adalah :

  • Search Engine Marketing (SEM). Memanfaatkan mesin pencari (Google) untuk beriklan. Terdiri dari SEO dan PPC.
  • Influencer/Affiliate Marketing. Bekerja sama dengan influencer atau mitra afiliasi untuk memasarkan produk Anda.
  • Content Marketing. Memaksimalkan konten untuk menarik minat pembeli.
  • Email Marketing. Membuat email seefektif mungkin agar pelanggan mau membaca dan mengeklik promosi kita.
  • Social Media Marketing. Menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, atau TikTok untuk beriklan
  • Viral Marketing. Membuat konten yang kreatif dan menarik sehingga orang-orang membagikannya secara luas.
  • Mobile Marketing. Mencakup Telemarketing dan SMS marketing melalui ponsel.
  • Radio Advertising. Menggunakan ruang beriklan dari stasiun radio.
  • TV Advertising. Memanfaatkan slot beriklan di stasiun televisi untuk memasarkan produk.

Jika anda sudah memilih strategi digital marketing yang menurut Anda paling pas dengan budget dan preferensi Anda, waktunya anda memilih konsultan yang bisa mengerti dan memenuhi kebutuhan anda!
Mononomer group digital siap menjadi patner terbaik untuk anda, Silahkan diskusikan dengan team kami dengan klik tombol chat nya yuk…

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Scan the code
Hallo... 👋
Jangan segan untuk chat kami...